Senin, 01 Maret 2010

KABUPATEN KEPAHIANG


Logo

Kepahiang merupakan salah satu Kabupaten di provinsi Bengkulu. Daerah ini berbatasan dengan Kecamatan Curup,Sindang Kelingi, Padang Ulak Tanding, Kabupaten rejang lebong di utara, Kecamatn Ulu Musi Kabupaten Lahat Provinsi sumatera Selatan di timur, Kabupaten Taba penanjung dan Kabupaten bengkulu Utara di selatan, kecamatan Pagar Jati, Kabupaten Bengkulu utara dan Benari Ulu, serta Kabupaten Rejang Lebong di barat. Luas wilayah daerah ini adalah66.500 Ha.
Secara administratif, daerah ini terbagi menjadi delapan Kecamatan dan 91 Desa. Pada tahun 2006 memiliki jumlah penduduk 114.889 jiwa yang terdiri dari 57.835 jiwa pria dan 57.054 jiwa wanita, dengan tingkat kepadatan penduduknya sendiri mencapai 163 per Km2.
Kabupaten Kepahiang merupakan daerah yang sejuk terdapat perkebunan teh yang hijau dan rapi terdapat dua perusahaan yang mengelola perkebunan teh ini yaitu PT. Trisula Ulung Mega Karya dan PT. Sarana Mandiri Mukti, keberadaan kebun teh ini juga dapat dijadikan potensi pariwisata yakni agrowisata, Kepahiang juga memiliki aset alam yang berpotensi dioptimalkan untuk wisata. Aset itu berupa kawah belerang dan hamparan pasir di Kecamatan Ujan Mas, habitat bunga Rafflesia Arnoldi di Kecamatan Kepahiang, air terjun di Kecamatan Tebat Karai, serta aliran Sungai Musi yang dapat digunakan untuk arena olahraga arung jeram.
Hasil perkebunan lain Kabupaten Kepahiang pada tahun 2006 komoditi utama unggulan daerah ini berupa kopi robusta (13.026 ton), lada (1.439 ton), dan kelapa dalam (295 ton). Untuk kegiatan pertanian, hasil pertanian di daerah ini berupa bahan tanaman pangan berupa padi dan palawija serta tanaman hortikultura seperti sayuran, tanaman obat-obatan, dan buah-buahan.
Hasil kegiatan agraris masyarakat Kepahiang relatif mudah dipasarkan. Ini terkait dengan lokasi kabupaten yang strategis. Letaknya yang berada di daerah perlintasan, ditunjang dengan sarana jalan yang terbilang mulus, dan kemudahan transportasi. Daerah ini juga memiliki dukungan sarana pembangkit tenaga listik, air bersih, gas, dan jaringan telekomunikasi, serta internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar